ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU NIRWANA BANJARBARU

Authors

  • fathiah tia fathiah
  • Andri Nur Rahman Prodi Administrasi Rumah Sakit, Universitas Borneo Lestari
  • Abdurrahman Sidiq Prodi Administrasi Rumah Sakit, Universitas Borneo Lestari

DOI:

https://doi.org/10.52741/ars.v1i2.45

Keywords:

tangible, reliability,responsiveness, assurance, empathy

Abstract

Kepuasan pasien mencerminkan salah satu standar mutu dalam rumah sakit, dan mempertahankannya merupakan kebutuhan penting bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan pasien yang dirawat di RS Nirwana Banjarbaru pada bulan Februari 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pola analisis analitik dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dan kelompok sampel terdiri dari pasien atau pendamping pasien yang dirawat di RS Nirwana Banjarbaru, dipilih melalui convenience sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan data dianalisis menggunakan metode analisis tunggal dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel tersebut berwujud ( p =0,000, r= 0,903), keandalan ( p= 0,000, r=0,778), daya tanggap  ( p= 0,000, r=0,778), daya tanggap ( p = 0,000, r=0,778), jaminan  ( p =0,000, r=0,778), empati  ( p =0,000, r=0,778) terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah aspek bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Nirwana Banjarbaru.

 

Published

31-08-2024