ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU NIRWANA BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.52741/ars.v1i2.45Keywords:
tangible, reliability,responsiveness, assurance, empathyAbstract
Kepuasan pasien mencerminkan salah satu standar mutu dalam rumah sakit, dan mempertahankannya merupakan kebutuhan penting bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan pasien yang dirawat di RS Nirwana Banjarbaru pada bulan Februari 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pola analisis analitik dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dan kelompok sampel terdiri dari pasien atau pendamping pasien yang dirawat di RS Nirwana Banjarbaru, dipilih melalui convenience sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan data dianalisis menggunakan metode analisis tunggal dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel tersebut berwujud ( p =0,000, r= 0,903), keandalan ( p= 0,000, r=0,778), daya tanggap ( p= 0,000, r=0,778), daya tanggap ( p = 0,000, r=0,778), jaminan ( p =0,000, r=0,778), empati ( p =0,000, r=0,778) terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah aspek bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Nirwana Banjarbaru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fathiah tia, Andri Nur Rahman, Abdurrahman Sidiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.