PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH KOTA JAMBI
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.52741/abdimas.v3i1.97Abstrak
Latar Belakang : Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan peningkatan penggunaan gadget pada anak usia dini, yang berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap tumbuh kembang mereka, seperti gangguan perkembangan bahasa, konsentrasi, dan interaksi sosial. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan tentang dampak penggunaan gadget sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan guru dalam mengelola penggunaan gadget pada anak.
Tujuan : Memberikan edukasi kepada anak usia dini tentang dampak penggunaan gadget di TK Al-Hidayah Kota Jambi
Metode : Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode penyuluhan dengan memberikan
pendidikan kesehatan tentang dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di TK Al-Hidayah Kota Jambi. Metode yang digunakan melibatkan media LCD untuk menyampaikan materi berupa cerita bergambar, serta disertai dengan pemberian leaflet yang dapat dibaca ulang di rumah bersama orang tua.
Hasil : anak-anak mulai memahami dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget, serta pentingnya mengatur waktu penggunaan gadget
Kesimpulan : edukasi yang menarik dan partisipatif efektif dalam membentuk perilaku bijak dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Diharapkan orang tua dan guru terus melakukan pengawasan dan menyediakan aktivitas alternatif yang mendukung perkembangan fisik dan sosial anak tanpa bergantung pada gadget.
Kata kunci : Gadget; Anak Usia Dini, Pendidikan Kesehatan