PELATIHAN BASIC LIFE SUPPORT PADA SISWA SMA 2 SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

Penulis

  • Erwinsyah Erwinsyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih

DOI:

https://doi.org/10.52741/pms.v1i1.10

Abstrak

PELATIHAN BASIC LIFE SUPPORT PADA SISWA SMA 2 SAROLANGUN

KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI

 

Erwinsyah

Email : erwiensyah555@gmail.com

Jurusan Keperawatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Garuda Putih, Jambi, Indonesia

 

Abstrak

 

 

Kasus kegawatdaruratan dari data puskesmas Pasar Singkut Kabupaten Sarolangun di dapatkan sekitar 10% penduduk yang berobat mengalami kasus kegawat daruratan dari jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Pasar Singkut. Tingginya angka pada kasus kecelakaan lalu lintas ini menimbulkan masalah yang serius dibidang kesehatan, karena banyak siswa dengan anggota keluarganya yang belum mengetahui bagaimana cara memberikan bantuan hidup dasar, dan hampir semua siswa di SMA 2 Sarolangun belum mendapatkan pelatihan BLS, sehingga kadangkala karena kurang pengetahuan tersebut banyak siswa yang melakukan pertolongan secara tidak tepat pada akhirnya hanya menjadi kasus rujukan pelayanan kesehatan atau ke Rumah Sakit.

Untuk membantu permasalahan tersebut maka dirasakan perlu adanya pelatihan BLS kepada siswa di SMA 2 Sarolangun. Berdasarkan dari fenomena diatas maka yang menjadi rumusan masalah nya adalah bagaimana “Meningkatan Pengetahuan dan keterampilan Siswa SMA 2 Sarolangun tentang pemberian bantuan hidup dasar pada masyarakat yang mengalami kejadian kegawatdaruratan”. Kegiatan pengabdian ini telah dilakukan pada tanggal 5 Februari 2022, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Guru SMA 2 Sarolangun dan siswa SMA 2 Sarolangun.

Hasil pelatihan yang telah diberikan tentang bantuan hidup dasar pada Siswa SMA 2 di Sarolangun, Kabupaten Sarolangun dapat dinyatakan bahwa selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan memperhatikan pelatihan yang di sampaikan dan didapatkan bahwa peserta pelatihan dapat melakukan bantuan hidup dasar dengan baik setelah diberikan materi dan praktikum tentang bantuan hidup dasar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BASIC LIFE SUPPORT TRAINING FOR STUDENTS OF SMA 2 AT SAROLANGUN JAMBI PROVINCE

 

Erwinsyah

Email : erwiensyah555@gmail.com

Departement of Nursing, Garuda Putih Health College, Jambi, Indosia

 

 

Emergeny case  from  data at Pasar Singkut  public health center, sarolangun  regency found that around 10 % of the population visiting  treatment  for an emergency case  from  total population. The  traffic accident cases  raises serious problem in the health sector, bacause many student and their family do not know how to provide Basic Life Support, and almost student at SMA 2 Sarolangun, haven’t received Basic Life Support training, All of student for  lack of knowledge so unable to help inapproriately and become case of referrals to health service or to hospital.

 

Based on the above phenomenon, the formulation of this  problem  to Increase  the knowledge  and skills of SMA 2 Sarolangun student obout providing  Basic Life Support trainning. Activity was carried out on February 5, 2022. Was attended by 50 participant consisting teacher and studen  of SMA 2 Sarolangun.

 

The result of this health education and training that  has been given obaout Basic Life Support to studenr of SMA 2 Sarolangun. The  participant activity were enthusiatic after being teory and practikc skill on basic life assistance

Unduhan

Diterbitkan

10-06-2023